Sabtu, 12 Mei 2012

Apa Itu Blended Learning?

Setelah melakukan diskusi bersama teman saya Andika dan Jan Pringatan pada saat mata kuliah Psikologi Pendidikan, saya dapat mengerti bahwa pengertian dari Blended Learning adalah perpaduan metode belajar tatap muka di kelas dengan kegiatan terintegrasi yang difasilitasi oleh komputer, internet dan media belajar lainnya. Jadi selain belajar dengan arahan dari dosen di ruang kelas, seorang mahasiswa juga dituntut untuk dapat belajar mandiri juga belajar dengan sistem e-learning. Adapun tujuan dari Blended Learning adalah membantu mahasiswa untuk berkembang lebih baik dalam proses belajar, sesuai dengan gaya belajarnya dan preferensi dalam belajar.

Dalam diskusi kami itu kami juga memberikan pendapat kami tentang peran kampus dalam menerapkan Blended Learning. Dimana kampus punya peran penting dalam memberikan layanan yaitu berupa wifi untuk menunjang kelancaran dalam metode pembelajaran berbasis e-learning. Apabila kampus masih memiliki kekurangan dalam fasilitas wifi tentunya sedikit banyak akan memberikan dampak terhadap keberhasilan sistem Blended Learning. Selain wifi, kampus juga memiliki peran yaitu dalam menyediakan ruangan perkuliahan yang nyaman agar proses perkuliahan berbasis tatap muka dapat terlaksana dengan baik.
Kami juga melihat adanya peran orang tua beserta dosen dalam Blended Learning ini. Adapun peran orang tua yaitu mendukung mahasiswa dalam hal biaya seperti menyediakan peralatan komputer/laptop agar anaknya dapat mengakses ataupun belajar dimana saja. Sementara peran guru adalah memfasilitasi atau menuntun mahasiswanya untuk memahami setiap materi dalam perkuliahan.
Dalam penerapannya pun Blended Learning memiliki tantangan yaitu: biaya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa maupun kampus, tingkatan target maupun harapan yang berbeda tiap mahasiswa, perbedaan pengalaman belajar masing-masing mahasiswa, perbedaan peran dan tanggung jawab tiap mahasiswa, juga manajemen waktu maupun operasional mahasiswa tersebut.

Blended Learning memiliki beberapa keunggulan yaitu:
# proses belajar mahasiswa akan lebih efektif dan efisien.
# mahasiswa lebih mandiri dan timbul kemauan untuk mencari bahan kuliah dari sumber yang beragam.

Blended Learning memiliki beberapa kelemahan yaitu:
# fasilitas internet berupa wifi di kampus yang masih jauh dari apa yang diharapkan dalam Blended Learning.
# kemampuan pengoperasionalan yang berbeda dari tiap-tiap mahasiswa.
# apabila mahasiswa kurang termotivasi dalam pelaksanaannya maka mahasiswa bisa ketinggalan materi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar